Tufala premier blong Western an Choiseul ino agree wetem boda passport

Gavman blong tufala provins blong Solomon Islands wea i garem boda wetem Papua New Guinea tufala ino laekem tingting blong tufala nasinol gavman ia fo olketa traditional boda crossers olketa mas garem passport.

PNG EMTV hem bin ripotim eli las wik olsem PNG Customs Commissioner, Ray Paul ibin go toktok wetem olketa Solomon Islands authorities an olketa i agri olsem stat long namba wan long Dicemba, aniwan hem laek krosim boda hem mas garem passport.

RSIPF Maritime Officers onboard a foreign fishing vessel in Solomon Islands waters (RSIPF photo)
RSIPF Maritime Officers onboard a foreign fishing vessel in Solomon Islands waters (RSIPF photo)

Mr Paul hem se long saet long PNG, bae olketa garem wanfala boda post long Kangu and narawan long Kieta long Southern Bougainville and long saet long Solomon Islands bae long Kulitana an Ovau long Shortlands group, and wanfala long Taro long Choiseul.

Bat Premier David Gina blong Western Province hem se wanem gavman blong hem hem bin toktok wetem Solomon Islands gavman ofisol long hem nao, hem wanfala pass nomoa fo olketa traditional boda crosser an ino passport.

An Premier Watson Goloni blong Choiseul Provins hem se tu olsem, pass nao olketa i talem wanfala seksen blong gavman we ibin raon go long provins an ino passport.

Mr Goloni hem se olketa pipol wea stap long boda eria olketa i garem blad rilesen, marit ties an cultural ties wea i stap longtaem finis an olketa i laek kipim.

***** **** *** ** *

..Terjemahan dalam bahasa Indonesia..

Perdana Menteri Tufala dari Western dan Choiseul tidak setuju dengan paspor perbatasan

Pemerintah provinsi Tufala dari kepulauan Solomon yang berbatasan dengan Papua Nugini Tufala, tidak setuju dengan kebijakan dari pemerintahan nasional Tufala yang mana semua pelintas batas tradisional harus memiliki paspor.

PNG EMTV telah melaporkan pada minggu lalu bahwa Komisaris Bea Cukai PNG, Ray Paul telah berbicara dengan semua otoritas Kepulauan Solomon dan semua menyetujui bahwa mulai tanggal 1 Desember, semua yang ingin menyeberangi perbatasan harus memiliki paspor.

RSIPF Maritime Officers onboard a foreign fishing vessel in Solomon Islands waters (RSIPF photo)

Mr. Paul mengatakan di semua pesisir PNG, semua akan dibangun post perbatasan mulai dari Kangu dan yang lainnya  di Kieta, di sisi selatan Bougainville serta di pesisir Kepulauan Solomon akan berada di Kulitana dan Ovau di sebagian perairan dangkal (Shortlands group) serta satu di Taro di Choiseul.

Pejabat Perdana Menteri David Gina dari Provinsi Western mengatakan bahwa pemerintahannya telah berbicara dengan para pejabat pemerintahan Kepulauan Solomon saat ini, salah satunya adalah tidak akan ada lagi pelintas batas tradisional tanpa paspor.

Dan seorang Perdana Mentri Watson Goloni dari Provinsi Choiseul dirinya mengatakan juga bahwa, saat ini semua berbicara sebagian dari pemerintahan yang berada di provinsi tersebut tidak memiliki paspor.

Mr. Goloni mengatakan bahwa semua orang yang tinggal di area perbatasan mereka memiliki hubungan darah, ikatan pernikahan dan ikatan kultur yang telah lama terjalin dan terus terjaga.

*Link Sumberhttps://www.abc.net.au/tok-pisin/2018-10-22/tufala-premier-blong-western-an-choiseul-ino-agree-wetem-boda-p/10405698

Tinggalkan komentar